Prof. Dr. H. Ali Imron, M.Pd, M.Si, lahir di Mojokerto, 16 Agustus 1962. Pendidikan yang ditempuh dimulai dari Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah, dan dilanjutkan di Madrasah Tsanawiyah dan Pendidikan Guru Agama Kabupaten Mojokerto. Melanjutkan ke S1 jurusan Administrasi Pendidikan, S2 dan S3 Manajemen Pendidikan di Universitas Negeri Malang (D/H IKIP Malang). Pernah menemnpuh S2 kedua pada Prodi Ilmu Administrasi Negara Kekhususan Ilmu Administrasi Pemerintahan Daerah di Unibraw Malang. Pernah juga menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Roudlotul Hikmah Mojokerto. Prof. Dr. H. Ali Imron, M.Pd, M.Si, menikah dengan Hj. Nurul Khoiriyah, dikaruniai dua orang anak, masing-masing: Mushonnifun Faiz Sugihartanto (mahasiswa semester akhir Teknik Industri ITS Surabaya) dan Viona Faiqoh Hikmawati (Siswa MAN 3 Malang).
Kariernya dimulai dari guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Huda Mojokerto, Wartawan Majalah Wanita Liberty dan Wartawan Koran Nasional Jawa Pos. Menjadi dosen IKIP Malang (kini Universitas Negeri Malang) sejak tahun 1986. Jabatan yang pernah dipegang adalah Sekretaris Jurusan Administrasi Pendidikan dan kini Koorprodi S2 dan S3 Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Jabatan Akademik Guru Besar diraih pada tanggal 1 Januari 2011.
Selama menjadi dosen, Prof. Dr. H. Ali Imron, M.Pd, M.Si juga pernah menjadi konsultan part time pada Local Governance Support Program (LGSP), USAID, Kinerja USAID, Australia Indonesia Partnership Ausaid, dan Plan International. Aktif menekuni jurnalistik kampus mulai dari pengasuh majalah Kampus Komunikasi, Mitra Bestari Jurnal Manajemen Pendidikan, Penyunting Pelaksana Jurnal Ilmu Pendidikan, dan Jurnal Terakreditasi nasional Pendidikan dan Pembelajaran.
Prof. Dr. H. Ali Imron, M.Pd, M.Si juga banyak menjadi trainer, fasilitator pendampingan/ advokasi pengawas, kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan serta menjadi pembicara pada berbagai pertemuan ilmiah: Seminar, Simposium, Kuliah Tamu. Keahlian yang seringkali disharingkan kepada khalayak adalah tentang kekepalasekolahan, kepengawasan, manajemen, kepemimpinaan supervisi, pembelajaran, dan penelitian tindakan kelas/sekolah.
Prof. Dr. Ali Imron, M.Pd, M.Si juga aktif menjadi peneliti baik kompetitif maupun kerja sama. Beberapa judul penelitian yang pernah dilakukan adalah antara lain: Monitoring dan Evaluasi Dampak DBL se Propinsi Jawa Barat dan Banten; Penelitian tentang Pola Penerimaan Siswa Baru untuk SLTP dan SMA/SMK se Propinsi Jawa Timur; Kajian Manajemen Sekolah Unggulan pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar; Peranan Stake Holder Dalam Peningkatan Mutu Pendidian; Peningkatan Penguasaan Mahasiswa terhadap Materi Pembelajaran melalui Mind Maping pada Matakuliah Manajemen SDM; Rancangan Pembelajaran Menyenangkan untuk Matakuliah Dinamika Kelompok; Evaluasi Dampak Program DBL Bidang Pendidikan se Propinsi Sulawesi Selatan, Maluku dan Maluku Utara; Monitoring Dampak Proyek Dekonsentrasi Bidang Pendidikan Se Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara; Model Hubungan Kausal antara Pembinaan Guru, Sikap Guru terhadap KBK, Keterlibatan dalam MGMP, Kemampuan Mengelola Kelas dan Motivasi Belajar Siswa; Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa melalui Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan; Peranan Kepala Sekolah Dalam Implementasi MBS Dalam Hubungannya dengan Mutu Pendidikan di SMP Wilayah Jawa Timur; Peningkatan Gairah Perkuliahan Mahasiswa Pengikut Matakuliah Belajar dan Pembelajaran Melalui Implementasi Rancangan Pembelajaran Menyenangkan; Manajemen Penjaminan Kualitas Pendidikan dan Pembelajaran Dalam Latar Institusi Pendidikan Tinggi (Studi Multi Kasus di Tiga Jurusan UM); Peningkatan Ketahanan Mental Remaja Melalui Pengintegrasian Nilai-nilai Kearifan Lokal dan Soft Skill dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama (Riset Strategis Sesuai Perioritas Nasional); Kajian Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) Sekolah Dasar Tahun 2009 Wilayah Indonesia Timur; Manajemen Mutu Ssekolah Dasar Berbasis Religi (Studi Multi Kasus pada SD Mintu, SD Iwaha, SD Kasayuga dan SD Kripe); Profil Wajib Belajar 9 Tahun dan Model Strategi Penuntasannya pada Daerah Rawan Drop Out dan Tidak Melanjutkan ke Sekolah Lanjutan Pertama di Kabupaten Kediri (Riset Strategis Nasional), sebagai Anggota; Proses Manajemen Mutu Sekolah Dasar Berbasis Religi; Manajemen Mutu Pendukung Akademik Sekolah Dasar Berbasis Religi; Pengembangan Model, Pendekatan dan Teknik Supervisi Pembelajaran dengan Pengintegrasian Karakter Positif dan Reduksi Karakter Negatif pada SD yang Baik di Kota dan di Desa (Penelitian Hibah Pascasarjana); Pengembangan Kurikulum “Jalakar” (Belajar dan Berkarya) Untuk Meningkatkan Kebermaknaan Hasil Pembelajaran Siswa SMP Satu Atap Sebagai Penguatan Program Wajib Belajar 9 Tahun di Daerah Terpencil (hibah Pasca Tahun I), Sebagai Anggota; Pengembangan Model Manajemen Peserta Didik dengan Mengintegrasikan Balancing-Competitive Solidarity Value dalam Rangka Penyiapan Generasi Berkarakter Kompetitif dan Berkesetiakawanan Sosial Menyongsong Era Bonus Demografi (Penelitian Unggulan PT) –Tahun 1; Pengembangan Model dan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Berbasis Developmental Action Learning (Penelitian Hibah Pasca), Sebagai Anggota; Pengembangan Kurikulum “Jalakar” (Belajar dan Berkarya) Untuk Meningkatkan Kebermaknaan Hasil Pembelajaran Siswa SMP Satu Atap Sebagai Penguatan Program Wajib Belajar 9 Tahun di Daerah Terpencil (Hibah Pasca-Tahun ke-2), Sebagai Anggota; Pengembangan Grand Design Model Pembinaan Profesional Guru Berbasis Faktor-Faktor Determinan Kinerja Guru (Penelitian Hibah Pasca), Sebagai Anggota; Pengembangan Model Manajemen Peserta Didik dengan Mengintegrasikan Balancing-Competitive Solidarity Value dalam Rangka Penyiapan Generasi Berkarakter Kompetitif dan Berkesetiakawanan Sosial Menyongsong Era Bonus Demografi (Penelitian Unggulan PT) –Tahun II.
Selain aktif menulis artikel ilmiah yang disajikan dalam berbagai forum seminar dan dimuat dalam proceding, Prof. Dr. Ali Imron, M.Pd, M.Si juga menulis beberapa bahan ajar, modul, dan buku yang diterbitkan oleh penerbit nasional. Di antara karya-karyanya, antara lain adalah: Pengantar Pendidikan. Malang: Proyek OPF IKIP Malang; Manajemen Taman Kanak-kanak. Malang: Proyek OPF IKIP Malang; Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Jaya; Pembinaan Guru di Indonesia: Jakarta: Pustaka Jaya; Pembelajaran Melalui Permainan Simulasi. Malang: Proyek OPF IKIP Malang; Kiat Sukses Studi di Perguruan Tinggi. Malang: Jurusan AP FIP UM; Profesi Keguruan. Malang: UM Press; Kiat Sukses Mencetak Anak Pintar dan Saleh. Jakarta: Biro KLN Depdiknas; Manajemen Layanan Khusus Sekolah. Malang: Jurusan AP FIP; Manajemen Pendidikan: Proses dan Aplikasinya Dalam Institusi Sekolah. Malang: UM Press; Manajemen Perubahan. Malang: Program SP4 Ditjen Dikti; Manajemen Pendidikan: Analisis Substantif dan Aplikasinya dalam Institusi Pendidikan. Malang: UM Press; Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: DP2M Ditjen Dikti, Depdiknas; Perspektif Manajemen Berbasis Sekolah. Malang: UM Press; Supervisi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: DP2M Ditjen Dikti, Depdiknas; Kebijaksanaan Pendidikan di Indonesia: Proses, Produk dan Masa Depannya. Jakarta: Bumi Aksara; Karya Tulis untuk Pengawas Sekolah (Penelitian Tindakan Sekolah). Malang: Proyek PLPG Rayon UM; Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara; Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara; Proses Manajemen Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara; Manajemen Berbasis Sekolah Berfokus pada Pelayanan Publik. Jakarta: Kinerja USAID; Manajemen Hubungan dan Partisipasi Masyarakat. Malang: FIP UM; dan Manajemen Peserta Didik (Integrasi Karakter Kompetitif dan Solidaritas). Malang: FIP UM.